Keuntungan dan Kerugian Bitcoin?

bitcoin

Sejarah Bitcoin sampai Saat Ini: Apa Keuntungan dan Kerugian Bitcoin?

Kamu mungkin sudah tahu apa saja keuntungan Bitcoin setelah membaca panduan sampai sejauh ini. Tetapi saya belum menjelaskan tentang kerugiannya, kan? Ada juga beberapa manfaat yang belum saya jelaskan, jadi ayo kita mulai dengan membahas manfaatnya lebih lanjut, lalu saya akan kupas kerugiannya. Setelah ini kamu akan tahu sepenuhnya dan menjadi ahli dalam cara kerja Bitcoin.

Keuntungan Bitcoin

✓ Pembayaran lintas negara menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan bank
✓ Biaya murah
✓ Blockchain — hampir tidak mungkin untuk diretas
✓ Desentralisasi — tidak bisa dimatikan pada titik tunggal
✓ Transparan — kamu tidak perlu memberikan kepercayaan kepada siapapun
✓ Anonymous atau tidak bernama — kamu tidak perlu memberikan detail namamu
✓ Dihidupkan oleh komunitas  — biayanya disebar dibandingkan untuk satu pihak saja (contoh untuk bank atau PayPal)
✓ Tidak ada verifikasi bagi pengguna baru — siapa saja bisa menggunakannya

Tidak Ada Verifikasi bagi Pengguna Baru: Kenapa Ini Sangat Penting

Dengan Bitcoin, siapa saja dan dimana saja dapat saling mengirim uang. Tidak ada proses “ketahui pelangganmu” atau KYC (Know-Your-Customer) - kamu tidak perlu menggunakan kartu identitas atau ID untuk membuka dompet Bitcoin. Dengan bank, kamu harus menggunakan ID pembukaan rekening. Karena ini, ratusan juta orang di dunia tidak dapat membuka rekening karena tidak mempunyai kartu identitas. Mereka tidak dapat mengirim maupun menerima uang. Tapi sekarang, dengan Bitcoin, akhirnya mereka bisa!

Pembayaran Lintas Negara: Manfaat Besar

Kalau kamu membuat pembayaran lintas negara, biasanya memakan waktu 3 hari atau lebih dengan menggunakan bank dan juga ada tambahan biaya sebesar Rp144.000-Rp 215.000 atau bahkan lebih. Beda negara beda biaya, tapi tetap saja mahal dan mengambil waktu yang lama.

Kalau kamu mengirim dengan menggunakan Bitcoin, pengiriman ini hanya mengambil waktu 10 menit saja. Kadang-kadang memang lebih lama dari 10 menit (mungkin satu jam atau lebih), tapi tetap jauh lebih sebentar daripada 3 hari atau lebih yang dijalani bank. Biaya untuk menggunakan Bitcoin sering berubah namun para developer berusaha untuk menekannya serendah mungkin. Saat ini (3 Mei 2018), rata-rata biaya hanyalah sekitar Rp 15.000.

Sangat murah, karena tidak ada orang tengah (bank, PayPal, dsb) yang perlu dibayar! Inilah tujuan Bitcoin.

Ada banyak manfaat Bitcoin, tetapi ada juga kerugiannya dalam cara kerja Bitcoin...

Kerugian Bitcoin

✗ Penambangan menggunakan listrik yang besar
✗ Tidak secepat mata uang kripto yang lain
✗ Biaya sering berubah
✗ Anonymous atau tidak bernama — digunakan untuk kejahatan
✗ Susah untuk digunakan — kunci pribadi, kunci publik, dsb.

Biaya dan Kecepatan: Bitcoin berumur 10 tahun

Bitcoin didirikan pada tahun 2009, ingat nggak? Itu hampir 10 tahun yang lalu!* Semenjak itu, banyak mata uang kripto yang baru mulai bermunculan dan mempunyai kecepatan yang lebih jauh dari Bitcoin. Ditambah lagi, biaya Bitcoin kadang-kadang melonjak sampai Rp 400.000!

Lonjakan biaya ini terjadi karena kepopuleran Bitcoin yang terlalu terkenal untuk ditangani jaringan Bitcoin - terlalu banyak orang menggunakannya pada saat itu. Ini adalah sesuatu yang sedang diimprovisasi oleh para developer Bitcoin, dan sejauh ini, improvisasi tersebut bekerja dengan baik. Seperti yang saya katakan sebelumnya, biaya Bitcoin sudah turun kembali ke Rp15.000!

Bitcoin Tidak Begitu Mudah untuk Digunakan

Kunci pribadi, kunci publik, membuka dan menggunakan dompetnya, dsb. Tidaklah begitu mudah bagi orang-orang yang belum begitu yakin dengan kemampuannya dalam menggunakan komputer. Ketika kamu ingin mengirim sebuah pembayaran kepada seseorang, kamu harus mengetik rangkaian angka dan huruf yang panjang (kunci publik mereka) ke dalam komputer kamu.

Ini adalah seperti saat internet browser yang pertama dipakai - kamu harus mengetik angka yang panjang ke dalam kotak alamat atau address bar. Kemudian, alamat (www.) yang kita gunakan sekarang menggantikannya. Bitcoin perlu menjadi ramah pengguna sehingga semua orang di dunia dapat menggunakannya, seperti halnya berlayar di internet sekarang.

Listrik dan Lingkungan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, biaya listrik untuk menambang adalah sangat mahal. Para penambang diberi imbalan dengan Bitcoin, jadi mereka tetap mendapat untung. Akan tetapi, listrik yang digunakan oleh para penambang berdampak sangat buruk bagi lingkungan (sekarang kamu tahu beberapa kerugian dari cara kerja Bitcoin).

Mata uang kripto yang lain seperti NEO dan Link menggunakan sistem penambangan berbeda dengan penggunaan listrik yang jauh lebih sedikit. Sistem ini dinamakan Proof of Stake (PoS).

Ingat di sistem Bitcoin, penambang pertama yang berhasil memverifikasi blok mendapat imbalan Bitcoin? Sistem ini dinamakan Proof of Work (PoW). Seperti sebuah perlombaan, bukan?

Proof of Work

Semua penambang bekerja pada satu blok pada saat yang sama, mencoba untuk memenangi perlombaan. Ini berarti semua penambang menggunakan listrik pada semua blok yang ada.

Proof of Stake

Di PoS, hanya ada satu penambang yang dapat menambang sebuah blok. Ketika blok selanjutnya dibuat, seorang penambang dipilih untuk menambangnya. Dengan cara ini, hanya ada satu penambang yang menggunakan listrik pada setiap blok. Ini jauh lebih murah dan lebih baik untuk lingkungan!

Sejarah Kriminal Bitcoin

Karena kamu tidak perlu menggunakan kartu identitas, Bitcoin sering masuk berita karena telah digunakan oleh penjahat. Mungkin kamu pernah dengar yang namanya Silk Road. Silk Road adalah pasar di dalam web gelap atau dark web - bagian tak bernama dari internet yang harus dibuka dengan browser khusus.

Di Silk Road, seseorang dapat membeli barang-barang ilegal, dan Bitcoin merupakan mata uang yang digunakan. Silk Road dimulai pada tahun 2011 tetapi ditutup pada tahun 2013 oleh FBI.

Ini sangat buruk untuk Bitcoin, dan beberapa pemerintah telah mencoba untuk melarang Bitcoin karena alasan ini. Ini adalah contoh terbesar bagaimana Bitcoin disalahgunakan, walaupun, kejahatan dapat terjadi dengan penggunaan mata uang apa saja.

Source: https://id.bitdegree.org




Beli

PESAN SEKARANG JUGA !

PAKET PEMULA LENGKAP EBOOK ANDROIDPEMULA.COM

Rp. 180.000,-

Tapi Hanya

Rp. 150.000,-


Beli

PAKET MAHIR ANDROID | COMING SOON...

Paket Mahir Android ini disusun berdasarkan Konsep Pemula, Terdiri 8-Bagian :

  • Bagian-1 : Pembuatan Project Aplikasi Mahir dengan Konsep Pemula
  • Bagian-2 : Penjelasan Interface dan Struktur Project Android Studio
  • Bagian-3 : Publikasi Aplikasi ke Google Store
  • Bagian-4 : Modifikasi Project dengan Custom Design
  • Bagian-5 : Kode Praktis Pembuatan Project Android Studio
  • Bagian-6 : Problem Solving dalam Project Android Studio
  • Bagian-7 : Pembuatan Project dengan Database SQL dan PHP
  • Bagian-8 : Pembuatan Aplikasi Toko Online dengan Android Studio
Note! Harga Bisa Naik Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya...
author

Kutipan Bisnis

"Bisnis apa yang paling bagus? Ya bisnis yang dimulai dan dibuka, bukan yang ditanyakan terus."

Bob Sadino - Pengusaha Indonesia

Leave a Comments

© AndroidPemula.com 2020. All Right Reserved. Support by Qwords | Designed by Iqrosoft.co.id

Back to Top