Ketahui Tips Membuat Tulisan SEO Friendly Yang Mengagumkan!

SEO

Membuat sebuah tulisan atau konten artikel di situs website tentu tidak bisa sembarangan dalam mengaplikasikannya, karena hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap kredibilitas suatu konten nantinya. Perlu adanya penyegaran dalam hal menulis artikel, salah satunya adalah dengan membuat tulisan yang SEO Friendly.

Sudah banyak lho para blogger atau penulis yang mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar, namun sayangnya belum banyak yang mengetahui cara menulis artikel yang SEO Friendly. Padahal sudah banyak tips-tips yang bertebaran di internet tentang cara menulis artikel yang SEO Friendly, namun ternyata tidak semuanya diaplikasikan malah ada beberapa tips yang sudah tidak up to date atau ketinggalan zaman dengan perkembangan algoritma masa kini di mesin pencari Google.

Nah agar kamu tidak salah dalam menulis sebuah artikel, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tulisan yang SEO Friendly? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat tulisan SEO Friendly? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa Yang Dimaksud Tulisan SEO Friendly?

Tulisan SEO friendly

Situs website perusahaan bisa dikatakan stabil atau konsisten kalau isi kontennya sudah SEO Friendly. SEO Friendly adalah suatu langkah yang bisa dilakukan agar suatu konten artikel bisa masuk ke peringkat teratas di hasil mesin pencarian Google dan juga bisa menaikkan trafik website perusahaan. Dimana secara umum, SEO Friendly ini merupakan cara yang bisa menjadikan sebuah konten menjadi konten yang paling banyak diakses oleh para pengunjung.

Baca Juga: Mengetahui Lebih Dalam Tentang SEO dan Cara Kerjanya

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization yang artinya optimasi mesin pencari. SEO ini merupakan salah satu teknik pemasaran online yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Sehingga bisa dikatakan bahwa tulisan yang SEO friendly merupakan sebuah tulisan yang ramah akan SEO.

Indikator Tulisan SEO Friendly

tulisan seo friendly

Ternyata ada berbagai indikator atau penanda yang dapat menjadikan sebuah tulisan artikel bisa dikatakan sebagai tulisan yang SEO friendly. Indikator yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Riset Kata Kunci (Keyword)

Apabila kamu ingin meningkatkan trafik pengunjung website yang bisa dilakukan melalui kolom search di mesin pencari Google, kamu bisa melakukan observasi kata kunci terlebih dahulu sebelum kamu mulai membuat tulisan.

Dengan melakukan observasi terlebih dahulu, dipastikan tulisan kamu akan lebih berfokus pada kata kunci yang kamu targetkan. Karena semakin sering suatu kata kunci dibicarakan di berbagai media sosial, maka konten yang kamu tulis tersebut kemungkinan besar banyak diakses oleh para pengunjung.

  • Optimasi Kata Kunci

Untuk mengoptimasi kata kunci pada konten atau tulisan, kamu harus tahu terlebih dahulu dimana dan bagaimana cara menggunakan kata kunci yang paling tepat untuk membuat sebuah konten.

  • Mengatur Sebuah Konten

Membuat sebuah konten dalam situs website tentunya harus teratur dengan sangat baik. Tidak hanya digunakan untuk sebuah SEO saja, namun konten harus bisa membantu para pengunjung website bisa dengan mudah menemukan konten yang saling berhubungan. Sehingga bisa dikatakan semakin lama seseorang pengunjung situs website kamu, maka semakin baik performa konten yang kamu buat.

  • Melakukan Pemasaran Konten

Dalam melakukan pemasaran konten tentu yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagikan di berbagai media sosial dengan cara menyematkan backlink yang akan terhubung dengan konten baru yang kamu buat.

Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

tulisan seo friendly

Menulis sebuah tulisan yang SEO friendly adalah salah satu strategi marketing yang sangat baik kualitasnya digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. 

Selain itu, Search Engine Optimization ini mampu untuk memberikan efek yang sangat besar jika dibandingkan dengan strategi optimasi pada umumnya salah satunya adalah strategi melalui media sosial. Lalu bagaimana cara membuat tulisan yang SEO friendly? Berikut ini adalah beberapa tipsnya, simak baik – baik ya.

Prioritaskan Pengalaman Pengguna

Ketika sedang merangkai kata dalam sebuah konten atau tulisan, pernah gak kamu mengalami kebingungan #MWNers? Entah bingung karena sudah menggunakan struktur tulisan dengan menggunakan kaidah SEO yang tepat namun kurang enak pas di baca atau sudah membuat tulisan yang menarik namun sia-sia saja karena tidak ditemukan oleh para pengunjung di mesin pencari. 

Kalau sudah seperti itu, mana yang akan kamu prioritaskan lebih dulu? Mimin sarankan agar kamu mendahulukan pengalaman pengguna atau user experience dari pada yang lain. Karena selain tulisan itu bisa dinikmati oleh para pembaca yang sudah sesuai dengan kaidah SEO yang ada, juga bisa mendatangkan penjualan dengan keuntungan yang besar.

Dengan menerapkan pengalaman pengguna (user experience) pada tulisan, diharapkan kamu bisa menyajikan sebuah tulisan di situs website yang lebih berkualitas dengan selalu menempatkan para pembaca sebagai salah satu target utamanya. Karena sebagus apapun kamu dalam menulis sebuah artikel, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna bisa dipastikan pesan yang ingin kamu sampaikan di dalam konten tidak akan gunanya.

Mengukur Kata Kunci Yang Tepat

Ketika kamu ingin membuat sebuah tulisan, hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan kata kunci yang tepat untuk tulisan kamu. Menentukan kata kunci yang tepat juga tidak bisa sembarangan, kamu perlu memperhitungkan kata kunci berdasarkan dari jumlah pencarian di mesin pencari dan juga jumlah persaingan yang ada.

Apabila situs website kamu sudah memiliki kekuatan baik dari sisi DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), menyisipkan kata kunci dengan jumlah pencarian yang besar tidak akan menimbulkan masalah yang berarti. Namun yang akan menjadi masalah apabila kamu menulis konten dengan jumlah pencarian yang banyak tapi kenyataannya umur situs website kamu masih seumur jagung. Alhasil situs website kamu lama kelamaan akan lenyap.

Sebagai referensi untuk mencari kata kunci yang tepat, kamu bisa menggunakan beberapa tools seperti Ubersuggest, Keyword sheeter, Google Trends dan lain sebagainya.

Membuat Judul Yang Mengandung Target Kata Kunci

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika membuat sebuah tulisan adalah kamu harus menentukan judul yang tepat untuk tulisan kamu. Karena judul tulisan merupakan elemen utama yang di crawl Google untuk menentukan topik sebuah tulisan. Sehingga memberikan kata kunci pada judul tulisan akan memudahkan Google membaca tema postingan kamu.

Oleh karena itu, peletakan kata kunci yang baik kamu lakukan adalah di awal kata judul tulisan kamu. Namun hal tersebut tidak menjadi suatu keharusan, karena hal tersebut juga harus kamu sesuaikan dengan keseluruhan judul agar tetap nyaman ketika dibaca dan dapat mengundang orang untuk mengklik artikel kamu. 

Perhatikan Jumlah Kata dan Jumlah Kata Kunci

Dalam menulis artikel, kamu juga harus memperhatikan jumlah kata maupun jumlah kata kunci yang kamu masukkan di dalam tulisan kamu. Semakin banyak dan mendalam artikel yang kamu buat, maka akan semakin bagus juga peringkatnya nanti di mesin pencarian Google. 

Artikel yang memiliki jumlah kata banyak dan mendalam maksudnya adalah artikel yang tidak hanya panjang jumlah setiap katanya, namun juga dapat membahas topik artikel secara lengkap dan menyeluruh. 

Idealnya jumlah kata dalam tulisan yang paling baik dan direkomendasikan untuk SEO adalah antara 600 sampai dengan 800 kata. Namun apabila kamu ingin agar tulisan kamu masuk ke peringkat tertinggi di mesin pencarian Google, maka kamu perlu menulis artikel pilar. Dimana jumlah kata pada artikel pilar minimal 2000 sampai dengan 10.000 kata. 

Dan untuk jumlah kata kunci yang dimasukkan ke dalam artikel pun harus kamu sesuaikan. Tidak bisa menyisipkan kata kunci yang asal-asalan begitu saja, seperti yang mimin sarankan sebelumnya, kamu harus melakukan observasi terlebih dahulu kata kunci yang tepat kamu masukkan ke dalam artikel kamu.

Gunakan Elemen Heading Subheading

Elemen Heading subheading merupakan salah satu elemen di dalam sebuah tulisan yang digunakan untuk mempermudah para pembaca untuk memahami artikel yang kamu buat. Elemen ini merupakan elemen yang sangat penting untuk menerapkan teknik SEO. 

Ketika kamu membuat tulisan yang SEO friendly, pastikan memasukkan elemen heading dan subheading yang tepat, misalnya: h1 bisa kamu gunakan untuk judul postingan artikel, elemen h2 bisa kamu gunakan untuk subtitle postingan artikel kamu.

Manfaatkan Internal dan Eksternal Link

Link internal dan link eksternal ternyata dapat memberikan impact yang signifikan untuk tulisan kamu di mesin pencari Google lho #MWNers. Internal link merupakan tautan atau link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya di situs website yang sama sedangkan eksternal link atau yang biasa disebut sebagai backlink merupakan tautan yang berasal dari luar situs website.

Dalam menyisipkan link internal maupun link eksternal ke dalam sebuah tulisan, kamu harus mengetahui dan paham betul terhadap aturan yang berlaku, seperti sisipkan link internal ke halaman situs web yang bisa menambahkan penjelasan lebih lanjut dari tulisan yang sedang kamu bahas. Sedangkan untuk menyisipkan link eksternal, sebaiknya kamu arahkan ke situs website yang memiliki popularitas yang tinggi seperti website AndroidPemula.com.  

Mengisi Meta Description

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan teknik SEO pada tulisan adalah dengan mengisi meta description pada tulisan. Meta deskripsi ini akan mewakili seluruh isi tulisan kamu di tampilan mesin pencari Google. Semakin menarik kamu membuat meta deskripsi pada tulisan, maka akan semakin banyak juga pembaca yang tertarik untuk membacanya.

Menambahkan Infografis Dalam Tulisan

Untuk membuat tulisan yang SEO friendly, disarankan kamu bisa menambahkan infografis ke dalam tulisan kamu #MWNers. Dengan adanya infografis di dalam tulisan kamu, ternyata dapat membantu para pembaca untuk memahami data dan bahkan bisa menambahkan nilai yang lebih bagi tulisan yang kamu tulis tersebut.

Memasukkan Atribut Alt Di Gambar

Penggunaan atribut alt pada gambar berfungsi sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file gambar ke bot Google yang melakukan crawling pada halaman tersebut. Hal tersebut dilakukan karena google tidak akan bisa membaca file gambar saja.

Untuk melakukan optimasi pada gambar di dalam sebuah tulisan yang SEO friendly, kamu harus memperhatikan keaslian sebuah gambar dan bisa mengenalkan gambar tersebut ke mesin pencarian Google. Pihak google pun terhadap keaslian sebuah gambar menjadi sebuah urusan yang sensitif, karena pihak Google menginginkan gambar yang unik. Jadi apabila kamu ingin mendapatkan trafik dari Google images, maka pastikan kamu paham tentang apa yang diinginkan pihak Google yaitu gambar yang unik. 

Persingkat URL

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan agar tulisan kamu menjadi tulisan SEO friendly adalah dengan mempersingkat url tulisan kamu. Karena semakin pendek sebuah url tulisan, maka akan semakin bagus dimata Google. Kamu cukup menggunakan kata kunci yang bisa kamu jadikan url tulisan kamu. Misalkan seperti ini:

Kata kunci yang kamu targetkan adalah tulisan SEO friendly

Judul Tulisan : Tips Membuat Tulisan SEO friendly

Maka URL yang bisa dibuat adalah http://www.namablog.com/tulisan-seo-friendly/

Kesimpulan

Membuat tulisan yang SEO friendly tentu bukan sesuatu yang kamu sepelekan begitu saja. Perlu adanya strategi khusus agar tulisan tersebut dapat menarik perhatian para pembaca dan bisa masuk ke peringkat tertinggi di mesin pencarian Google.

Sebuah tulisan yang baik harus mengutamakan pengalaman pengguna terlebih dahulu dan diimbangi juga dengan elemen – elemen SEO yang tepat seperti penggunaan kata kunci yang tepat, memanfaatkan link internal dan link eksternal, menggunakan elemen heading dan subheading, membuat judul yang mengandung kata kunci, dan lain sebagainya. 

Demikian informasi yang bisa mimin berikan tentang tips membuat sebuah tulisan yang SEO friendly yang paling mengagumkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi kamu ketika akan memulai membuat sebuah tulisan pada situs website kamu.

Sumber: https://blogs.masterweb.com/tips-membuat-tulisan-seo-friendly/




Beli

PESAN SEKARANG JUGA !

PAKET PEMULA LENGKAP EBOOK ANDROIDPEMULA.COM

Rp. 180.000,-

Tapi Hanya

Rp. 150.000,-


Beli

PAKET MAHIR ANDROID | COMING SOON...

Paket Mahir Android ini disusun berdasarkan Konsep Pemula, Terdiri 8-Bagian :

  • Bagian-1 : Pembuatan Project Aplikasi Mahir dengan Konsep Pemula
  • Bagian-2 : Penjelasan Interface dan Struktur Project Android Studio
  • Bagian-3 : Publikasi Aplikasi ke Google Store
  • Bagian-4 : Modifikasi Project dengan Custom Design
  • Bagian-5 : Kode Praktis Pembuatan Project Android Studio
  • Bagian-6 : Problem Solving dalam Project Android Studio
  • Bagian-7 : Pembuatan Project dengan Database SQL dan PHP
  • Bagian-8 : Pembuatan Aplikasi Toko Online dengan Android Studio
Note! Harga Bisa Naik Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya...
author

Kutipan Bisnis

"Bisnis apa yang paling bagus? Ya bisnis yang dimulai dan dibuka, bukan yang ditanyakan terus."

Bob Sadino - Pengusaha Indonesia

Leave a Comments

© AndroidPemula.com 2020. All Right Reserved. Support by Qwords | Designed by Iqrosoft.co.id

Back to Top