Apa Itu Affiliate Marketing?

Daya tarik affiliate marketing memang cukup tinggi; siapa tidak ingin memiliki penghasilan pasif? Tetapi untuk mendapatkan penghasilan pasif tersebut, Anda harus terlebih dahulu melakukan beberapa pekerjaan. Untuk sukses dalam pemasaran afiliasi, ada beberapa langkah penting yang harus Anda ambil sebelum Anda mendapatkan keuntungan afiliasi pertama itu. Kabar baiknya adalah jika Anda bertekad untuk melakukan pekerjaan ini dan bersedia memberikan waktu dan usaha, Anda sudah berhasil menuju kesuksesan pemasaran afiliasi.

Di artikel kali ini kami akan membahas bagaimana apa itu affiliate marketing, cara kerja dan mengapa Anda perlu mempertimbangkan melakukan affiliate marketing, serta bagaimana cara untuk memulainya. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca artikelnya.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Sebenarnya, tanpa kita sadari, kita semua sudah pernah berpartisipasi dalam kegiatan affiliate marketing. Misalnya, ketika Anda me-refer teman Anda untuk menggunakan Uber, Anda akan mendapatkan kode promo atau diskon, kan? Ini adalah salah satu bentuk affiliate marketing.

 

Bentuk affiliate marketing yang lebih kelihatan adalah ketika Anda membuka sebuah blog. Misalnya, Anda ingin membeli sebuah kamera DSLR tetapi Anda tidak bisa menentukan brand dan model apa yang ingin Anda beli. Apa yang akan Anda lakukan? Kebanyakan orang akan membuka Google dan mencari keyword seperti “Kamera DSLR terbaik”. Anda mungkin akan membaca sebuah blog atau menonton video yang muncul di hasil pencarian. Biasanya, blogger dan YouTuber akan memberikan link untuk mengunjungi halaman pembelian produk tersebut. Tanpa Anda sadari, link tersebut adalah sebuah affiliate link. Jika Anda melakukan transaksi melalui link tersebut, blogger dan YouTuber tersebut akan mendapat komisi dari penjualan tersebut.

Secara simple, affiliate marketing adalah sebuah proses dimana Anda mempromosikan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi.

Cara Kerja Affiliate Marketing


Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan review yang terdapat di konten blog atau video ditulis atau dibuat oleh seorang affiliate marketer. Ketika Anda meng-klik salah satu linknya untuk membeli barang, penjual akan menandai link tersebut dan membayarkan komisi kepada reviewer tersebut. Jadi beberapa persen dari penjualan akan dibayarkan kepada affiliate marketer.

Kenapa Affiliate Marketing?

Ada beberapa alasan mengapa Anda boleh mempertimbangkan untuk mencoba affiliate marketing:

Bisa menjadi passive income

Dengan affiliate marketing, Anda hanya perlu bekerja satu kali – yaitu memasukkan link ke website Anda – dan Anda mendapat penghasilan setiap kali ada orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut. Ini juga disebut sebagai passive income.

Ini tentunya berbeda dengan konsep bekerja pada umumnya dimana Anda bekerja dari jam 9 sampai jam 5 dan Anda akan mendapat bayaran sesuai jam kerja Anda. Dengan afflilate marketing, Anda bisa mendapat income atau pemasukan kapan saja tanpa bekerja banyak.

Tidak memerlukan biaya besar untuk memulai

Jika Anda tertarik untuk mendalami affiliate marketing, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya karena Anda tidak memerlukan biaya besar untuk memulai. Anda bisa memulai website atau blog Anda sendiri dan memonitasinya dengan affiliate marketing. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat website Anda sendiri dan mendaftarkan diri untuk program affiliate. Program-program affiliate ini yang banyak tersedia di internet juga gratis. Sehingga, untuk memulai Anda hanya perlu membayar domain dan hosting terbaik untuk website Anda.

Untuk konten, Anda harus memastikan bahwa konten Anda adalah konten yang berkualitas. Jika Anda baru memulai website Anda, kemungkinan besar, Anda akan menulis sendiri konten blog atau website Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu membayar orang untuk menulis konten untuk website Anda atau membeli konten dari penulis freelance.

Jam kerja yang fleksibel

Ketika Anda baru memulai affiliate marketing memang tidak mungkin Anda benar-benar melepaskan pekerjaan Anda dan hanya mengandalkan affiliate marketing sebagai penghasilan utama. Tentu membutuhkan waktu sebelum Anda benar-benar bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan utama Anda. Tetapi jika Anda bisa memanfaatkan affiliate marketing dengan baik, tentunya Anda bisa bekerja untuk diri Anda sendiri dan memiliki jam kerja yang fleksibel.

Anda bisa belajar keterampilan baru

Untuk memulai affiliate marketing, Anda tidak perlu menjadi seorang marketing expert. Dengan melakukan affiliate marketing, Anda bisa belajar sembari Anda melakukannya. Selain itu, ada beberapa cara untuk menjalankan dan mengelola program-program affiliate marketing. Anda bisa mencoba berbagai cara ini dan lihat sendiri mana yang bekerja untuk Anda. Menyenangkan bukan jika Anda bisa belajar keterampilan baru sambil mendapatkan penghasilan? 

Tunggu Apalagi segera bergabung menjadi Affiliasi AndroidPemula.com ( Join disini )




Beli

PESAN SEKARANG JUGA !

PAKET PEMULA LENGKAP EBOOK ANDROIDPEMULA.COM

Rp. 180.000,-

Tapi Hanya

Rp. 150.000,-


Beli

PAKET MAHIR ANDROID | COMING SOON...

Paket Mahir Android ini disusun berdasarkan Konsep Pemula, Terdiri 8-Bagian :

  • Bagian-1 : Pembuatan Project Aplikasi Mahir dengan Konsep Pemula
  • Bagian-2 : Penjelasan Interface dan Struktur Project Android Studio
  • Bagian-3 : Publikasi Aplikasi ke Google Store
  • Bagian-4 : Modifikasi Project dengan Custom Design
  • Bagian-5 : Kode Praktis Pembuatan Project Android Studio
  • Bagian-6 : Problem Solving dalam Project Android Studio
  • Bagian-7 : Pembuatan Project dengan Database SQL dan PHP
  • Bagian-8 : Pembuatan Aplikasi Toko Online dengan Android Studio
Note! Harga Bisa Naik Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya...
author

Kutipan Bisnis

"Bisnis apa yang paling bagus? Ya bisnis yang dimulai dan dibuka, bukan yang ditanyakan terus."

Bob Sadino - Pengusaha Indonesia

Leave a Comments

© AndroidPemula.com 2020. All Right Reserved. Support by Qwords | Designed by Iqrosoft.co.id

Back to Top