12 Tools Untuk Cek Trafik Website Anda !

traficc

Apa yang tidak bisa diukur tidak akan bisa diperbaiki. Karena itu mengetahui jumlah trafik memang sangat penting dengan salah satu alasannya agar website bisa dianalisa dan melihat perkembangan website tersebut. Jika Kamu mempunyai sebuah website pasti Kamu ingin mengetahui jumlah trafik di website Kamu bukan? Nah namun terkadang masih banyak orang atau pemilik website belum mengetahui tools untuk cek trafik website.

Saat ini banyak sekali tools praktis mulai dari yang gratis hingga berbayar untuk menganalisa website sekaligus cek trafik website dengan tampilan yang mudah dimengerti. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, Kami akan mencoba membahas tools – tools apa saja yang bisa digunakan untuk analisa dan cek trafik website.

Pembahasan 12 Tools Untuk Cek Trafik Website

Tanpa berlama – lama lagi, kami langsung saja membahas secara detail dan lengkap tools yang bisa Kamu pakai untuk melihat jumlah trafik website. Simak pembahasan ini sampai selesai yaa

1.Google Analytics

Tools untuk cek trafik website

Salah satu tools yang bisa Kamu gunakan untuk menganalisa traffic website yaitu Google Analytics. Seperti yang ditunjukkan dalam artikel Wikipedia bahwa Google Analytics 

“Menawarkan informasi lalu lintas yang dikelompokkan ke situs web menurut audience, acquisition, behaviour, dan conversions yang dilakukan di situs web.” 

Untuk seseorang yang memiliki website, Google Analytics ini bisa disebut tools wajib yang harus digunakan. Selain karena Google Analytics ini gratis dan bisa digunakan siapa saja, tools ini juga mempunyai fungsi seperti menganalisa traffic website secara detail, darimana saja trafik yang datang ke website, daerah mana saja yang paling banyak mengakses website dan lain – lain. Namun yang perlu Kamu tahu bahwa Google Analytics ini hanya bisa digunakan untuk menganalisa traffic website Kamu sendiri, dan tidak bisa untuk melihat trafik website orang lain.

Jika kamu ingin menggunakan Google Analytics, hal pertama yang harus lakukan yaitu membuat akun Google Analytics terlebih dahulu lalu setelah itu hubungkan ke website yang ingin dianalisa. Kamu perlu menunggu 2×24 jam Google Analytics aktif dan bisa digunakan untuk menganalisa trafik di website. Untuk melihat laporan trafik website kamu bisa masuk ke bagian acquisition – all traffic – channels. Disana Kamu akan melihat banyak metrik seperti jumlah user mengunjungi website (users) , jumlah kunjungan ke website (sessions), persentase pengunjung keluar dari website tanpa membuka halaman lain (bounce rate), dan jumlah durasi rata – rata saat mengakses website (session duration). Kamu bisa melihat laporan tersebut dengan rentang waktu yang bisa diatur seperti bulan lalu dan maksimal 90 hari terakhir.

Manfaat Google Analytics 

  • Mengetahui jumlah trafik ke website
  • Mengetahui darimana trafik tersebut datang (Organic, paid, email, social media)
  • Mengetahui daerah mana pengunjung terbanyak yang mengakses website
  • Karakteristik orang yang banyak mengunjungi website
  • Mengetahui halaman yang sering dikunjungi
  • Mengetahui halaman yang tidak disukai pengunjung
  • Melihat jumlah pengunjung real time
  • Mengetahui detail perangkat yang sering digunakan saat mengakses website

2.Alexa

Tools untuk cek trafik website

Untuk Kamu seorang digital marketer, blogger atau penggiat SEO mungkin sudah pernah mendengar tentang Alexa. Alexa adalah salah satu tools yang bisa Kamu gunakan untuk menganalisa trafik website. Perlu diketahui bahwa Alexa ini tools web analytics dari Amazon. 

Berbeda dengan Google Analytics, Alexa ini bisa mengecek link, kata kunci, dan trafik dari website orang lain atau kompetitor. Hal tersebut sangat bagus untuk bisa melihat pergerakan dan pergerakan dari website kompetitor Kamu. Jika Kamu ingin menggunakan tools ini, caranya sangat mudah loh. Kamu masuk ke website Alexa lalu pilih tools dan pilih website traffic statistics. Setelah itu Kamu masukkan nama domain website yang ingin Kamu analisa. Nantinya akan tampil banyak metrik seperti keyword, alexa rank, optimization opportunities dan lain – lain.

3.Ahrefs

Tools untuk cek traffic website

Tools yang bisa digunakan untuk cek trafik selanjutnya yaitu Ahrefs. Ahrefs bisa disebut tools dengan yang cukup banyak digunakan untuk digital marketer dan SEO specialist. Ahrefs adalah tools untuk SEO yang mempunyai fitur yang cukup lengkap. Ahrefs dapat membantu Kamu untuk mengetahui data penting seperti cek trafik website kamu dan website orang lain, top pages, IP, backlink kompetitor dan lain-lain. Tapi, untuk menggunakan fitur lengkap tersebut, Kamu perlu berlangganan terlebih dahulu. 

4.Site Explorer

Kamu dapat menggunakan alat Site Explorer untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kampanye SEO Kamu dan juga kompetitor. Site explorer adalah fitur dari Ahrefs untuk menjelajahi sebuah situs. Dua alat utama dalam fitur Site Explorer yaitu Organic traffic research tool dan Backlink checker tool.

Backlink checker tool yang membantu menganalisis backlink situs Kamu atau kompetitor. Kamu dapat melihat berapa banyak backlink yang Kamu peroleh dan membandingkannya dengan Kompetitor Kamu. Tools ini sangat bagus untuk memberikan wawasan tentang bagaimana Kamu bersaing dengan kompetitor dalam hal backlink dan lalu lintas.

Organic traffic research tool membantu Kamu mendapatkan wawasan tentang bagaimana peringkat pesaing Kamu untuk kata kunci tertentu. Ini adalah alat yang bermanfaat untuk dimiliki jika Kamu dan kompetitor berbagi banyak kata kunci serupa. Anda juga akan melihat peringkat bisnis Kamu dibandingkan dengan pesaing.

Jika Kamu menggunakan alat ini, Kamu akan dapat menjelajahi kata kunci yang menguntungkan untuk bisnis Kamu. Kamu akan melihat kata kunci mana yang diperingkat oleh kompetitor dan mana yang tidak ada dalam kampanye Kamu. Memanfaatkan alat ini membantu melihat konten apa yang dicari oleh audiens Kamu, sehingga dapat mengoptimalkan website.

5.Content Explorer

Konten memainkan peran berharga dalam mengarahkan prospek ke website Kamu dan meningkatkan peringkat SEO. Alat Content Explorer membantu Kamu menganalisa topik untuk melihat popularitasnya. Dengan memanfaatkannya, Kamu dapat bekerja untuk meningkatkan kampanye pemasaran konten.

Ketika Kamu mencari topik tertentu menggunakan Content Explorer , itu akan menghasilkan daftar artikel populer dari database yang memiliki lebih dari 2 miliar artikel. Popularitas mereka didasarkan pada faktor SEO seperti social shares, lalu lintas organik, dan berapa banyak situs yang terhubung ke konten.

6.Keyword Explorer

Kata kunci adalah bagian penting dari SEO. Keyword Explorer dapat membantu Kamu menemukan kata kunci yang relevan untuk kampanye Kamu. Alat ini memiliki lebih dari 3 miliar kata kunci dalam basis datanya, sehingga Kamu dapat merasa yakin bahwa Kamu tidak akan kehabisan saran. Saat Kamu mencari kata kunci, Keyword Explorer akan memberi informasi estimasi lalu lintas yang menunjukkan seberapa sering kata kunci tertentu dicari.

Salah satu fitur terbaik dari Explorer Kata Kunci adalah kemampuan untuk melihat data klik untuk kata kunci Kamu. Data klik kata kunci ini membantu Kamu melihat kata kunci mana yang menghasilkan klik di situs, sehingga Kamu dapat fokus mengintegrasikan kata kunci ini ke dalam kampanye Kamu.

7.Rank Tracker

Rank Tracker memantau peringkat Google Kamu di desktop dan seluler. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat situs Kamu untuk mencapai lalu lintas yang lebih berharga, jadi penting untuk melacak peringkat Kamu dan melihat bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu. Pelacak Peringkat akan mengirimkan Kamu laporan harian, mingguan, atau bulanan (tergantung pada paket Kamu). Ini akan membantu melihat berapa banyak klik mendarat di situs web dari lalu lintas organik. Kamu juga akan melihat posisi rata-rata di hasil pencarian dan jumlah rata-rata lalu lintas. 

8.Site Audit

Ketika Kamu menjalankan kampanye SEO Kamu, selalu ada kemungkinan timbul masalah atau kesalahan. Dengan Site Audit , Kamu tidak perlu terus-menerus memeriksa situs untuk memastikannya berjalan dengan lancar. Alat ini akan menganalisis situs Kamu untuk mencari masalah SEO yang umum. Ini adalah alat yang hebat untuk dimiliki karena ini membantu Kamu lebih sedikit khawatir tentang kampanye SEO Kamu. Kamu akan diberi tahu saat masalah muncul sehingga Kamu dapat memperbaikinya dengan cepat. Audit Situs juga akan menghasilkan laporan yang menganalisis kesehatan situs Kamu.

9.SE Ranking

Alat untuk cek trafik website

Tools selanjutnya yaitu SE Ranking. SE Ranking adalah platform berbasis cloud untuk SEO dan profesional pemasaran online yang menyediakan seperangkat alat lengkap untuk mengetahui estimasi trafik, audit situs komprehensif, analisis kompetitor, peringkat situs web, saran dan pengelompokan kata kunci, pemantauan backlink, pelaporan profesional otomatis, dan banyak lagi. Selain alat SEO standar, sistem ini menawarkan serangkaian fitur tambahan seperti White Label, pemantauan perubahan Halaman, alat manajemen media sosial dan Rencana Pemasaran yang bertujuan membawa upaya pemasaran Kamu ke tingkat yang sama sekali baru. Semua dalam satu platform dalam antarmuka yang ramah pengguna yang sama.

10.SimilarWeb

Platform untuk cek trafik website

SimilarWeb adalah alat yang memperkirakan jumlah total lalu lintas yang diperoleh berbagai situs web. Ini memungkinkan Anda melihat sumber lalu lintas teratas pesaing, yang dipecah menjadi enam kategori utama, termasuk situs rujukan, lalu lintas sosial, dan kata kunci pencarian teratas. SimilarWeb juga memberikan informasi grafik fluktuasi pertumbuhan lalu lintas website dalam waktu 5 bulan. Dan fitur sisanya hampir sama seperti Google Analytics yaitu melihat daat average visit duration, pages per visit, bounce rate dan lain-lain

11.SitePrice

Aat cek lalu lintas website

Siteprice adalah sebuah tools yang digunakan untuk melihat trafik dan ranking dari website. Selain itu tools in juga membantu Kamu menemukan harga dan penilaian situs web kompetitor, perkiraan taksiran kunjungan situs web dan nilai situs web / domain. Disini trafik website diukur menggunakan 3 metrik yaitu daily unique visitors, daily pageviews dan average time on site.

12.Ubersuggest

Alat untuk cek trafik website

Ubersuggest adalah tools yang bisa Kamu gunakan juga untuk menganalisa trafik di website kamu. Selain itu, tools ini juga membantu Kamu menganalisa SEO secara lengkap. Ubersuggest ini bisa digunakan secara gratis, tapi jika ingin mendapatkan fitur SEO yang lengkap Kamu perlu upgarde dan berlangganan. Disini Kamu bisa tinggal memasukkan nama domain website Kamu lalu pilih negara contoh nya Indonesia dan tekan search.

Nantinya akan muncul data seperti berapa jumlah kata kunci yang muncul di organic search, jumlah trafik organik per bulannya, skor domain, jumlah backlink dan lain-lain.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tools untuk cek trafik website yang bisa Kamu gunakan. Dari banyak tools yang disebutkan diatas, ternyata masih banyak fitur pendukung lainnya dari masing – masing tools tersebut untuk mengoptimalkan SEO website Kamu. Jika Kamu sudah tahu tools untuk melihat lalu lintas website mungkin Kamu juga ingin tahu bagaimana cara meningkatkan trafik website bukan?

Sumber:https://blogs.masterweb.com/tools-untuk-cek-trafik-website/




Beli

PESAN SEKARANG JUGA !

PAKET PEMULA LENGKAP EBOOK ANDROIDPEMULA.COM

Rp. 180.000,-

Tapi Hanya

Rp. 150.000,-


Beli

PAKET MAHIR ANDROID | COMING SOON...

Paket Mahir Android ini disusun berdasarkan Konsep Pemula, Terdiri 8-Bagian :

  • Bagian-1 : Pembuatan Project Aplikasi Mahir dengan Konsep Pemula
  • Bagian-2 : Penjelasan Interface dan Struktur Project Android Studio
  • Bagian-3 : Publikasi Aplikasi ke Google Store
  • Bagian-4 : Modifikasi Project dengan Custom Design
  • Bagian-5 : Kode Praktis Pembuatan Project Android Studio
  • Bagian-6 : Problem Solving dalam Project Android Studio
  • Bagian-7 : Pembuatan Project dengan Database SQL dan PHP
  • Bagian-8 : Pembuatan Aplikasi Toko Online dengan Android Studio
Note! Harga Bisa Naik Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya...
author

Kutipan Bisnis

"Bisnis apa yang paling bagus? Ya bisnis yang dimulai dan dibuka, bukan yang ditanyakan terus."

Bob Sadino - Pengusaha Indonesia

Leave a Comments

© AndroidPemula.com 2020. All Right Reserved. Support by Qwords | Designed by Iqrosoft.co.id

Back to Top